Senin, 28 Maret 2011

Ubi Jalar Bisa Meredam Emosi

By:
Renny Wahyuningsih - detikFood


Foto: penandfork.com Jakarta - Akhir - akhir ini dilanda rasa kesal dan suka marah? Mungkin rasa letih dan makan makanan yang kurang tepat membuat Anda jadi lebih sensitif. Makan cokelat, yoghurt, asparagus dan sejumlah makanan lain ternyata bisa membuat perasaan lebih baik.

Perubahan suasana hati alias mood sangat mempengaruhi aktivitas sehari-hari, terlebih lagi bagi wanita. Untuk mengurangi stres dan memelihara rasa bahagia dalam diri, makanan yang kaya nutrisi bisa menjadi salah satu solusinya.Berikut beberapa makanan yang tepat untuk membangkitkan emosi yang lebih baik seperti yang dilansir timesofindia.

Dark chocolate
Cokelat memiliki senyawa kimia yang dapat meningkatkan mood menjadi lebih baik. Kandungan seratonin, antioksidan, dan flavanoid-nya, bisa memelihara dan meningkatkan rasa bahagia dalam tubuh. Juga membantu melancarkan peredaran darah, mencegah kanker dan menjaga kesehatan jantung.

Yogurt
Selain menjadi sumber protein yang baik, kalsium, dan vitamin B12. Yogurt juga berisi seluruh bakteri baik yang berguna mencegah infeksi pada pencernaan, perut dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Makan semangkuk yogurt ditambah 1 sdm madu, akan memberi perasaan lebih baik.

Ubi jalar
Dengan kandungan karbohidrat dan rasanya yang manis dapat dijadikan sebagai makanan penghilang stres. Selain itu, ubi juga kaya akan betakaroten, vitamin dan serat yang membantu tubuh memperoses karbohidrat secara perlahan. Gula yang terlepas perlahan dari karbohidrat berfungsi menjaga dan memelihara rasa senang lebih lama.

Kacang - kacangan
Almond, hazelnut, walnut dan kacang tanah mengandung zat serotonins, vitamin E, vitamin B2 yang dikenal sebagai riboflavin dan antioksidan yang berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mereka juga dikenal sebagai makanan pengurang rasa stres. Segenggam kacang berfungsi baik untuk meningkatkan dan memelihara mood.

Air
Meskipun air tidak digolongkan sebagai bahan makanan, namun memiliki peran penting untuk menjaga kulit, rambut dan mata. Kurang minum air dapat menyebabkan dehidrasi yang memicu terjadinya stres.

Ikan
Ikan merupakan sumber protein, yang kaya omega 3 dan vitamin B12. Merupakan komponen penting untuk memperoduksi serotin yang sudah dikenal sebagai hormon bahagia atau hormon yang membantu menyeimbangkan tingkat emosi.

Asparagus
Kaya akan asam folat dan magnesium yang sudah populer dapat meningkatkan mood. Tanaman yang masih satu keluarga denagn daun bawang, bawang putih dan jenis bawang lainnya ini sangat rendah kalori dan tidak berlemak serta rendah kolestrol. Sebatang baby asparagus yang lunak, renyah dan gurih dapat memberikan efek nyaman sepanjang hari

Jeruk
Buah yang memiliki 1000 mg vitamin C dan antioksidan ini dapat mencegah pembentukan radikal bebas yang dapat merusak sel. Saat stres biasa tubuh mengeluarkan lebih banyak radikal bebas. Karena itu vitamin C berfungsi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan memberi rasa senang.

Sayur hijau
Tidak sedikit orang yang menghindari sayur berwarna hijau, padahal sayuran hijau banyak menawarkan nutrisi. Seperti pada brokoli yang memberikan vitamin B dan asam folat yang membantu menghilangkan stres, meningkatkan dan memelihara mood (depresi, kecemasan, panik, dan gangguan emosional lainnya). Banyak sayuran hijau yang memberikan potasium untuk menenangkan sistem saraf saat stres.

Aprikot kering
Aprikot merupakan sumber yang kaya akan gula alami dan vitamin A. berfungsi untuk menghentikan pembentukan radikal bebas dan kaya serat. Memperlancar pencernaan dan mencegah sembelit. Masalah pencernaan berkaitan dengan stres, makan sejumlah aprikot kering akan membantu memelihara mood dan menjaga kesehatan tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DIJUAL !! TANAH SAWAH DI DESA PUNTUK LOR BANJARPANJANG NGARIBOYO KAB. MAGETAN JAWA TIMUR

Utk lokasi bisa di klik disini..👇 https://maps.app.goo.gl/Ewvt4RjV5PLmYx2Q8  Dijual..!! Tanah sawah seluas 7500m2 SHM lokasi di Desa Ngarib...